Cara Membuat Lem Kayu

Cara Membuat Lem Kayu Kekinian dengan Mudah

Hai semuanya, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat lem kayu dengan mudah dan praktis. Jika Anda sering membuat kerajinan tangan dari kayu, pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan adhesive ini.

Apa itu Lem Kayu?

Lem kayu adalah bahan adhesive yang dipakai untuk merekatkan benda kayu. Keunggulan dari lem kayu adalah daya rekat dan daya tahan yang kuat. Bila dibandingkan dengan lem lainnya, lem kayu lebih cocok dipakai untuk material kayu. Saat ini, lem kayu sudah banyak dijual di toko-toko bangunan dengan variasi harga dan merek.

Mengapa Harus Bikin Lem Kayu Sendiri?

Bikin lem kayu sendiri bisa menghemat biaya pembelian bahan lem di pasaran. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan bisa diterapkan dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita.

Yang Dibutuhkan untuk Membuat Lem Kayu Sendiri

Membuat lem kayu tidak memerlukan bahan-bahan khusus. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan Jumlah
Patinya kayu 100 gram
Isopropil alcohol 2 sendok makan
Minyak bunga matahari 1 sendok makan
Air 100 ml

Cara Membuat Lem Kayu

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat lem kayu:

  1. Haluskan patinya kayu sampai berbentuk serbuk.
  2. Campurkan patinya kayu dengan isopropil alcohol dan minyak bunga matahari. Aduk rata.
  3. Tambahkan air ke dalam campuran dan aduk hingga merata.
  4. Tuang adonan ke dalam botol semprot. Botol semprot awalnya bisa didapat dari refill parfum bekas yang sudah dilepas tutupnya.
  5. Lem kayu siap digunakan.
Baca Juga :  Xiaomi Service Tool

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa Saja Bahan Pengganti Isopropil Alcohol?

Bahan pengganti isopropil alcohol antara lain adalah alkohol 70%, alkohol 96%, atau metanol. Tapi, karena bahan-bahan tersebut mengandung racun, lebih baik menggunakan isopropil alcohol yang sudah dapat dibeli di toko-toko kimia.

Lem Kayu Mana yang Paling Cocok Digunakan?

Adhesive berbahan dasar PVA (Polyvinyl Acetate) merupakan jenis lem kayu yang paling populer di pasaran. Selain itu, juga cocok menggunakan lem kayu yang terbuat dari matriks melamin.

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah mengerti bagaimana cara membuat lem kayu dengan mudah dan praktis. Dengan adanya lem kayu ini, Anda bisa membuat berbagai kerajinan tangan dan perbaikan benda-benda kayu yang rusak dengan sangat mudah. Tentunya, hal ini akan membantu Anda menghemat biaya dan juga waktu. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar