Pembuatan Sablon Mug Menggunakan Teknik Cetak

Teknik Cetak untuk Pembuatan Sablon Mug

Pada zaman sekarang, banyak bisnis yang mulai berkembang dan memiliki kebutuhan untuk mencari cara agar produk mereka bisa dikenal dan menonjol. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat merchandise yang unik dan menarik perhatian, salah satunya adalah mug. Mug menjadi pilihan yang tepat karena hampir setiap orang pasti memerlukan mug untuk minum atau sekedar sebagai hiasan di meja kerja.

Teknik Sablon

Dalam pembuatan mug, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan, salah satunya adalah teknik sablon. Teknik sablon merupakan salah satu teknik yang sangat populer dan mudah dilakukan. Teknik ini memanfaatkan sebuah screen atau kain sebagai media cetak pada mug. Screen ini akan dibuat menjadi sebuah gambar atau tulisan yang sudah diinginkan, kemudian ditaruh di atas mug, agar tinta dapat menyebar ketika kain ditekan.

Pembuatan Sablon Mug

Sebelum membuat sablon pada mug, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

Bahan Keterangan
Screen Kain yang digunakan untuk media cetak pada mug
Emulsi sablon Emulsi ini akan ditempel di atas screen dan akan diukir sesuai dengan gambar atau tulisan yang diinginkan
Tinta sablon Tinta ini digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan pada mug
Mug Mug yang akan diberi gambar atau tulisan jadi

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, gambar atau tulisan yang ingin dipercantik pada mug harus direkam di atas kertas transparan. Kemudian, letakkan kertas transparan tersebut di atas emulsi sablon dan kemudian diukir di atas layar sablon.
  2. Setelah itu, mari membuat sablon. Campur emulsi sablon dengan sedikit air dan aduk hingga merata. Kemudian, letakkan layar sablon dan campuran emulsi yang telah dibuat di atas mug hingga rata dan tipis.
  3. Setelah itu, letakkan mug di atas layar sablon dan tekan dengan lembut agar emulsi sablon dapat menempel pada mug. Kemudian, biarkan hingga kering selama beberapa jam.
  4. Barulah saatnya mencetak gambar atau tulisan pada mug. Letakkan tinta sablon di atas layar sablon dan ratakan dengan spatula. Kemudian, tekan layar sablon dengan tinta pada mug dengan lembut. Lakukan hal ini berulang-ulang pada semua mug yang ingin diberi gambar atau tulisan.
  5. Biarkan tinta sablon mengering selama beberapa jam. Setelah tinta sablon kering, mug siap digunakan atau dijual.
Baca Juga :  Sub Judul Adalah

Kesimpulan

Pembuatan sablon pada mug menggunakan teknik cetak cukup mudah dan terbilang murah. Cukup dengan persiapan bahan serta alat yang dibutuhkan, mug sablon siap menjadi merchandise yang menarik dan unik. Dalam pembuatan, jangan lupa untuk berhati-hati dan teliti agar hasil akhirnya sesuai dengan yang diharapkan. Artikel ini tayang di suhudsukses.com.

People Also Ask

1. Bisakah dilakukan sablon pada mug dengan menggunakan teknik dtg?

Teknik dtg tidak bisa dilakukan pada media non-kain, maka sablon pada mug dengan teknik dtg tentunya tidak dapat dilakukan. Teknik sablon lebih cocok digunakan untuk media non-kain seperti mug.

2. Apakah bisa membuat mug sablon sendiri di rumah?

Bisa, dengan membeli bahan dan perlengkapan yang diperlukan serta menyimak panduan yang tepat. Pembuatan sablon pada mug dengan cara ini cukup mudah, salah satu bahan yang perlu disiapkan adalah screen. Screen bisa dibuat dari kain atau jaring atau bisa dibeli di toko khusus sablon.

3. Apakah kuat sablon pada mug dan tahan lama?

Dalam pembuatan sablon pada mug, ada beberapa cara agar sablon dapat tahan lama. Salah satunya yaitu dengan mencuci mug secara manual menggunakan spons halus dan air dingin. Selain itu, jangan gunakan penghilang noda, secara khusus yang mengandung bahan pengelupas. Dalam mengeringkan mug sablon, jangan gunakan mesin pengering, cukup dengan mengeringkan udara.

Tinggalkan komentar